Jumat, 07 Januari 2011

RENCANA SILATURAHMI DENGAN BAPAK WALIKOTA

Di himbau kepada TIM 13 LKM Harapan Madani, Unit-Unit Pengelola ( Pengelola Lingkungan, Pengelola Ekonomi, Pengelola Sosial), KSM dan Relawan Kelurahan Tangkerang Utara  agar dapat hadir "ACARA SILATURAHMI DENGAN BAPAK WALIKOTA". Acara ini juga mengundang kelurahan lainnya di kecamatan Bukitraya, yang juga mengundang 6 Kecamatan di Kota Pekanbaru, seperti, Tenayan Raya, Marpoyan Damai, Sail dan lainnya. Silaturahmi akan diselenggarakan Hari Selasa tanggal 11 Januari 2011 Jam : 19.00 WIB di JL. Ahmad Yani No. 03 Rumah dinas Bapak Walikota Pekanbaru.

Selama perjalanan PNPM-MP Kota Pekanbaru, mulai awal digulirkan program ini dengan sosialisasi awal dengan respon negatif dan kekesalan masyarakat dengan program dana bergulirnya kecil  dan begitu lambat proses pencairannya. Dengan upaya yang terus menerus dilakukan oleh Fasilitator dan Korkot  I PNPM-MP Kota Pekanbaru untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada LKM, UP-UP dan Relawan,  agar kelembagaan berdaya dan masyarakatnya semakin paham dan mengerti apa yang menjadi tujuan dari program ini. Tujuan tersebut tentu untuk memberdayakan masyarakat agar lebih Mandiri dan Madani.  Dengan menumbuhkan tingkat keswadayaan masyarakat yang semakin tinggi yang peduli akan lingkungannya. Sehingga hal ini sudah mulainya dirasakan oleh masyarakat  akan manfaat yang positif dengan program ini, yang mempunyai nilai-nilai pembelajaran mengenai sistem dan proses segala kepengurusan administrasi begitu kompleks dan rumit yang akhirnya menjadi mudah. Tumbuhnya  nilai-nilai kegotongroyongan kembali dalam melakukan kegiatan-kegitan kebersamaan dengan melakukan pembangunan infrastruktur lingkungan seperti kegiatan semenisasi jalan, pembuatan gorong-gorong, drainase, posyandu, posronda, air bersih dan lain-lain. Dalam arti rasa kepedulian dan adanya rasa saling membutuhkan satu dengan lainnya mulai tumbuh kembali didalam masyarakat. Upaya ini cukup berhasil dengan bantuan dana APBN, APBD dan Channeling dengan beberapa Bank Perkreditan, bank Riau dan beberapa instansi atau Badan lainnya dalam menggalakkan peningkatan perekonomian masyarakat.

Keberhasilan ini tentu didukung oleh kebijakan Pemerintah Daerah yang memang peduli dengan program sosial dan program pengentasan kemiskinan di masyarakatnya.
Selama ini kepedulian PEMKO Pekanbaru oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Pekanbaru yang diketuai oleh Bapak Erizal Muluk, SE sangat baik, yang difasilitasi oleh  Tim Koordinasi  Kota I PNPM-MP Kota  Pekanbaru ( Bpk. Rusmani Said) dengan digelontorkannya dana PENTASKIN kepada kelurahan-kelurahan bersama LKM-LKM nya yang memang menurut  Tim Penilai PEMKO masuk katagori 27 kelurahan terbaik akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp. 275.000.000,- dan kelurahan Rangking keduanya mendapat Rp. 175.000.000,-. Hal ini tentu akan dapat menambah percepatan pembangunan lingkungan dan bantuan dana bergulir untuk masyarakat miskin yang memiiki usaha kecil di masing-masing kelurahan.

Keberhasilan LKM-LKM Kota Pekanbaru dalam mengelola dana-dana APBN dan APBD mudah-mudahan dapat dipertahankan, agar kepercayaan Pemerintah Kota semakin solid, sehingga pengelolaan  dana pembangunan lingkungan , sosial dan dana bergulir kota Pekanbaru terus dipercayakan kepada LKM bersama UP-UP nya untuk menyalurkan kepada masyarakat.

Kita berikan "APRESIASI POSITIF dan APLUS" kepada Bapak WALIKOTA (Drs.H.HERMAN ABDULLAH, MM) dan Bapak WAKIL WALIKOTA ( ERIZAL MULUK, SE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar